LATIHAN SOAL UAS METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi
Penelitian
1.
Dari beberapa
karakterstik berikut ini, yang sesuai dengan karakteristik penelitian ilmiah
adalah ....
A.
bahasa jelas, dan dapat diverifikasi
|
B.
objektif,emprik, dan dapat ditindaklanjuti
|
C.
bahasa jelas, akurat, dan dapat ditindaklanjuti
|
D.
emprik, subjektif,dan dapat diverifikasi
|
2. Pada
tingkat generalisasi, penelitian dasar bersifat ....
A.
umum dan berkaitan dengan ilmu yang diteliti
|
B.
abstrak dan berkaitan dengan sains
|
C.
konkret dan bersifat spesifik
|
D.
spesifik dan melekat pada praktek di lokasi tertentu
|
3. Urutan
yang ideal dalam melakukan perumusan masalah adalah....
A.
mencari latar belakang masalah – identifikasi masalah – merumuskan masalah
|
B.
mencari pustaka terkait – merekapitulasi kumpulan masalah – merumuskan
masalah
|
C.
identifikasi masalah – memfokuskan masalah – merumuskan masalah
|
D.
mencari masalah – menjelaskan masalah – merumuskan masalah
|
4.Pada
dasarnya tujuan penelitian berfungsi sebagai ....
A.
pedoman bagi peneliti unutk menjalankan aktivitas penelitian tanpa kesalahan,
baik yang disengaja maupun tidak disengaja
|
B.
arah petunjuk atau pengontrol yang memandu agar seluruh tahapan aktivitas
penelitian yang akan dilakukan tidak menyimpang
|
C.
alat kontrol bagi pemberi dana agar aktivitas penelitian dilakukan sesuai
dengan jangka waktu dan dana yang telah ditetapkan
|
D.
acuan bagi peneliti lain untuk melihat sampai sejauh mana aktivitas
penelitian dilakukan di tempat yang telah ditentukan
|
5. Penelitian
yang secara tipikal menunjukkan adanya keingintahuan yang besar dari si
peneliti untuk memahami atau mengkaji lebih dalam suatu fenomena tertentu
termasuk ke dalam penelitian jenis ....
A.
eksplorasi
|
B.
deskripsi
|
C.
eksplanasi
|
D.
intuisi
|
6. Hipotesis
yang menguji penerapan metode belajar tertentu dengan capaian hasil belajar
siswa merupakan salah satu contoh hipotesis yang baik dilihat dari sudut ....
A.
ada kemungkinan hipotesis tersebut tidak benar
|
B.
sifat kemustahilan dari pembuktian hipotesis tersebut
|
C.
penggunaan dua variabel dalam hipotesis tersebut
|
D.
rasionalitas yang dapat diukur dari hipotesis tersebut
|
7. Hipotesis
yang diturunkan dari teori yang sudah banyak dikenal dan mempunyai kontribusi
dalam dunia ilmu pendidikan dinamakan ....
A.
hipotesis deduktif
|
B.
hipotesis induktif
|
C.
hipotesis penelitian
|
D.
hipotesis nol
|
8. Pak
Adi akan melakukan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
mata pelajaran
PKn. rumusan hipotesis yang paling tepat untuk penelitian tersebut adalah ....
A.
Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
|
B.
Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam
matapelajaran PKn
|
C.
motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn meningkat
|
D.
meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
|
9. Bagian
dari proposal penelitian yang berisi temuan-temuan penelitian yang berkaitan
dengan masalah atau variabel penelitian yang pernah dilakukan oleh
peneliti-peneliti sebelumnya adalah ....
A.
bab latar belakang
|
B.
bab tinjauan pustaka
|
C.
bab metode penelitian
|
D.
bab hasil & pembahasan
|
10. Salah
satu tujuan melakukan kegiatan tinjauan pustaka adalah ....
A.
menemukan variabel penelitian yang penting
|
B.
mencontoh apa yang sudah pernah dilakukan peneliti terdahulu
|
C.
mendapatkan pendekatan yang steril
|
D.
memastikan bahwa temuan kita sejalan dengan temuan penelitian sebelumnya
|
11. Buku
acuan yang memuat data publikasi dari buku-buku ataupun artikel riset dalam
suatu topik tertentu disebut ....
A.
general references
|
B.
bibliografi
|
C.
buletin
|
D.
ensiklopedi
|
12. Salah
satu langkah yang perlu dilakukan pada saat mencari sumber pustaka berupa media
cetak adalah ....
A.
mencari topik penelitian
|
B.
mengumpulkan semua buku yang ada
|
C.
menemukan kata kunci yang relevan
|
D.
mencatat buku yang dibaca
|
13. Fasilitas
dalam Internet yang memungkinkan kita untuk melakukan log in sebagai user
jarak jauh untuk mengakses suatu alamat situs tertetnu disebut ....
A. FTP
|
B.
Telnet
|
C.
Browser
|
D.
Command
|
14. Membuat
ringkasan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam ....
A.
membuat latar belakang masalah
|
B.
mengembangkan masalah
|
C.
memformulasikan tujuan
|
D.
menelaah sumber pustaka
|
15. Dua
hal yang harus diperhatikan pada saat memilih sumber pustaka adalah ....
A.
keberadaan pustaka dan jenis informasi yang diberikan
|
B.
relevansi sumber pustaka dan kemutakhiran pustaka
|
C.
jenis pustaka dan frekuensi perujukan pustaka
|
D.
penulis pustaka dan bidang kajian pustaka
|
16. Tiga
hal penting dalam penyusunan kerangka teori penelitian adalah ....
A.
judul-subjudul-penjelasan untuk tiap variabel
|
B.
struktur-kesatuan-ketarkaitan antara hal-hal yang dibahas
|
C.
pendahuluan-latar belakang-pembahasan tiap temuan
|
D.
teori-praktek-implikasi yang harus duperhatikan
|
17. Pertimbangan
berapa waktu yang tersedia untuk melakukan penelitian menjadi salah satu aspek
yang harus diperhatikan pada saat peneliti menentukan ....
A.
topik masalah
|
B.
desain penelitian
|
C.
metode penelitian
|
D.
analisis penelitian
|
18. Untuk
memastikan bahwa data yang digunakan dalam penelitian valid adalah sebagai
berikut, kecuali ....
A.
data yang berasal dari sumber sekunder
|
B.
data statistik yang diterbitkan oleh departemen pemerintah
|
C.
data dari hasil penelitian sebelumnya
|
D.
data dari sumber yang tidak jelas
|
19. Penelitian
yang menggunakan desain: O X O menunjukkan bahwa desain penelitian yang
digunakan ....
A.
termasuk desain korelasional antara dua variabel
|
B.
adalah desain diagramatik antar observasi dan perlakuan
|
C.
mempunyai satu kelompok yang diobservasi dua kali
|
D.
merupakan desain skematik antar observasi dan perlakuan
|
20. Desain
eksperimental yang menunjukkan bahwa dalam satu penelitian terdapat dua
kelompok dimana satu kelompok mendapat perlakuan dan diobservasi setelah
perlakuan sementara kelompok yang satu yang juga non-ekuivalen tidak mendapat
perlakuan namun diobservasi pada waktu yang sama dengan kelompok perlakuan,
dapat digambarkan sebagai berikut ....
A.
O X1 O
|
B.
R X O R O
|
C.
X1 O X2 O
|
D.
R O X O R OXO
|
21. Ketidakcermatan
dalam memilih kelompok dalam suatu penelitian dapat menyebabkan terjadinya
ancaman terhadap validitas ....
A.
histori
|
B.
maturasi
|
C.
instrumentasi
|
D.
regresi statistikal
|
22. Desain
penelitian yang merupakan kombinasi dari dua desain ES (Eksperimental Sejati)
dikenal juga sebagai ....
A.
desain Pretest-Posttest Control Group
|
B.
desain Posttset-only Control-Group
|
C.
desain Kelompok Empat ala Solomom (KES)
|
D.
desain Kelompok Kontrol Tes Awal dan Akhir (KKTAA)
|
23. Situasi
dimana subjek penelitian tahu bahwa ia terlibat dalam eksperimen sehingga
respon yang diberikan disesuaikan dengan penafsiran subjek tersebut terhadap
tujuan penelitian, dikenal sebagai ....
A.
efek histori
|
B.
efek Rosenthal
|
C.
efek Hawthorne
|
D.
efek Novelty
|
24. Pada
situasi dimana penelitian mungkin memiliki dampak destruktif terhadap objek
yang diteilti, apa yang harus dilakukan peneliti? ....
A.
menggunakan data sekunder
|
B.
tidak melanjutkan penelitian
|
C.
menarik sampel dari populasi objek yang diteliti
|
D.
mencari alternatif untuk mengurangi dampak
|
25. Perhatikan
gambar berikut. Gambar ini menunjukkan penarikan acak dengan cara ....
A.
sampel acak sederhana
|
B.
sampel acak berlapis
|
C.
sampel acak klaster
|
D.
sampel acak dua tahap
|
26. Menentukan
sampel dengan bantuan potongan-potongan kertas kecil untuk mewakili sampel,
dikenal sebagai teknik penarikan sampel ....
A.
acak sederhana
|
B.
acak berlapis
|
C.
acak kluster
|
D.
acak probabilitas
|
27. Langkah
ke dua dalam penarikan sampel acak berlapis adalah ....
A.
tentukan ukuran sampel
|
B.
identifikasi variabel yang akan diteliti
|
C.
buat strata yang diperlukan
|
D.
kelompokkan anggota populasi berdasarkan lapisan
|
28. Penarikan
sampel yang paling tepat untuk penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa
SD kelas rendah dan kelas tinggi pada matapelajaran Matematika yang diajar
melalui metode pembelajaran “X” di satu sekolah adalah….
A.
sampel acak sederhana
|
B.
sampel acak proporsional
|
C.
sampel acak klaster
|
D.
sampel acak dua lapis
|
29. Pemilihan
sampel yang dilakukan berdasarkan kebetulan dan kebutuhan dikenal sebagai ....
A.
sampel purposif
|
B.
sampel sistematis
|
C.
sampel kuota
|
D.
sampel aksidental
|
30. prediksi
yang dilakukan Gallup terhadap kandidat presiden Amerika dengan sampel yang
cukup besar ternyata meleset karena ....
A.
kesalahan instrumen
|
B.
kesalahan teknik pengumpulan data
|
C.
kesalahan mendefinisikan populasi
|
D.
kesalahan penentuan sampel
|
31. Pertanyaan
“Bagaimana pendapat Anda terhadap sikap guru yang melakukan demonstrasi guru?”
hendaknya dihindari dalam penelitian karena ....
A.
tidak semua guru melakukan demontrasi
|
B.
tidak semua guru bersedia menjadi responden
|
C.
pertanyaan ini dapat diartikan beda oleh orang yang berbeda
|
D.
pertanyaan ini terkait erat dengan empati guru
|
32. Di
jenjang konstrak, konsep “disiplin” perlu dijabarkan ke dalam serangkaian
ciri-ciri/sifaf yang diamati dan dinilai kedisiplinannya dari aspek, misalnya
....
A.
kecepatan ybs dalam mengetik
|
B.
jam pulang dan masuk kantor
|
C.
rutinitas kegiatan dalam rapat
|
D.
tinggi badan
|
33. Salah
satu upaya untuk menjamin bahwa responden dapat mengisi atau menjawab kuesioner
dengan benar adalah melalui ....
A.
menanyakan tentang fakta
|
B.
mengajukan pertanyaan tertutup
|
C.
memberi petunjuk pengisian kuesioner
|
D.
menggunakan format yang mudah dipahami
|
34. Pada
jenis wawancara apa tidak dibutuhkan pedoman wawancra yang detail tetapi cukup
semacam rencana umum untuk menanyakan pendapat atau komentar responden tentang
suatu topik? ....
A.
wawancara terstruktur
|
B.
wawancara terukur
|
C.
wawancara tak terstruktur
|
D.
wawancara tak terukur
|
35. Jika
seorang peneliti ingin mencatat kelakuan-kelakuan luar biasa yang dinilai
penting dari objek yang ditelitinya maka digunakan alat yang dikenal sebagai
....
A.
anecdotal records
|
B.
catatan berkala
|
C.
check list
|
D.
rating scale
|
36. Mirrors for Bahavior and Evaluating Classroom
Instruction merupakan salah satu
contoh dari ....
A.
format check list
|
B.
format rating scale
|
C.
format catatan berkala
|
D.
format observasi standar
|
37. Validitas
yang dikatakan sebagai prosedur validasi yang paling kuat adalah ....
A.
validitas permukaan
|
B.
validitas kriteria
|
C.
validitas konstrak
|
D.
validitas isi
|
38. Tiga
aspek penting dalam reliabilitas mencakup ....
A.
dapat digunakan, dapat direplikasi, dapat dihitung
|
B.
dapat dihitung, dapat diramalkan, dapat dibuktikan
|
C.
dapat diandalkan, dapat diramalkan, menunjukkan ketepatan
|
D.
dapat diandalkan, dapat direplikasi, menunjukkan ketepatan
|
39. Untuk
mendapatkan pengukuran yang valid sekaligus reliabel, peneliti dapat melakukan
....
A.
mendahulukan kebenaran konstrak dari variabel yang diteliti
|
B.
mengembangkan alat ukur yang tepat untuk mnegukur konsep yang benar
|
C.
memperhatikan dengan teliti keandalan alat yang dikembangkan
|
D.
menggunakan alat yang sudah pernah digunakan peneliti sebelumnya
|
40. Untuk
masalah penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada
nilai matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah ....
A.
penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran
tersebut
|
B.
nilai matapelajaran Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang
diterapkan
|
C.
penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap
nilai matapelajaran Sejarah siswa
|
D.
perilaku siswa pada matapelajaran sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran
X yang diterapkan
|
41.Nilai
ulangan bahasa Indonesia siswa kelas VI sekolah dasar diukur berdasarkan ....
A. skala nominal
|
B.
skala ordinal
|
C.
skala interval
|
D.
skala rasio
|
42.Teknik
pengolahan data yang memungkinkan peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil
penelitian pada sejumlah sampel dari suatu populasi, dinamakan teknik anaisis
....
A.
statistik deskriptif
|
B.
statistik inferensial
|
C.
koefisien korelasi
|
D.
tingkat signifikansi
|
43.Berikut
ini tip yang diberikan Eckhardt & Erman (1977) untuk membuat laporan
penelitian yang jelas dan mudah di pahami ....
A.
sajikan informasi dengan cara yang sistematis untuk memperlihatkan bahwa
peneliti memahami masalah
|
B.
gunakan istilah/ jargon abstrak untuk memperkaya mutu laporan
|
C.
tuangkan dengan jelas hakekat dan hasil penelitian sesuai dengan target
pembaca yang dituju
|
D.
gunakan bahasa ilmiah sehingga laporan memeberikan kesan ilmiah yang kental
|
44.Untuk
masalah penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada
nilai matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah:
A.
penerapan pembelajaran Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran
tersebut
|
B.
nilai matapelajaran Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang
diterapkan
|
C.
penerapan pola pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap
nilai matapelajaran Sejarah siswa
|
D.
perilaku siswa pada matapelajaran Sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran
X yang diterapkan
|
45. Bagian
dalam laporan penelitian yang berisi informasi tentang prosedur rinci yang
ditempuh untuk mengumpulkan data, bagaimana instrumen dikembangkan, bagaimana
validasi terhadap instrumen, dan bagaimana pengadministrasiannya adalah .....
A.
sumber data
|
B.
cara pengumpulan data
|
C.
teknik pengukuran variabel
|
D.
teknik analisis
|
46. Pedoman
yang dapat diikuti untuk menyejikan temuan penelitian yang komunikatif, antara
lain ...
A.
tampilkan hasil uji statistik yang signifikan untuk meningkatkan kepercayaan
pembaca
|
B.
gunakan tabel dan gambar saja untuk memudahkan pembaca memahami temuan
penelitian
|
C.
sajikan data (nominal) yang dapat menarik perhatian diikuti dengan
prosesntase untuk memudahkan
|
D.
sajikan dahulu gambaran umum populasi atau sampel penelitian baru diikuti
dengan sajian hasil analisis data
|
47. Sebagai
titik awal diadakannya penelitian, masalah perlu dideskripsikan secara ....
A.
jelas dan menarik untuk mencuri perhatian pembaca
|
B.
hati-hati dalam bentuk pertanyaan maupun pernyataan
|
C.
akurat dan didukung berbagai pendapat atau bukti empirik
|
D.
terang dan lugas agar mudah digunakan sebagai pedoman
|
48. Dalam
mendeskripsikan sumber data untuk laporan penelitian, peneliti harus
memperhatikan dampak dari informasi yang diberikan terhadap ...
A.
tujuan penelitian
|
B.
sumber data itu sendiri
|
C.
nilai yang dianut masyarakat
|
D.
reaksi pembaca terhadap laporan penelitian tersebut
|
49. Faktor
sebagian besar pembaca pada saat membaca laporan hasil penilaian adalah pada
...
A.
latar belakang
|
B.
tinjauan pustaka
|
C.
metode penelitian
|
D.
temuan penelitian
|
50. “Secara
umum tingkat kemandirian siswa kelas VI SD X bervariasi, mulai dari kurang
sampai dengan kuat, tidak ada satupun yang mempunyai tingkat kemandirian sangat
kuat”. Dalam penelitian, pernyataan tersebut merupakan ....
A.
diskusi
|
B.
kesimpulan
|
C.
saran
|
D.
rekomendasi
|
Tidak ada kunci jawabannya?
BalasHapus