Latihan Soal UAS Pendidikan Seni di SD PDGK4207
Pendidikan Seni di SD PDGK4207
1. Seni dapat dipahami dan dimaknai
sebagai refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi,
merupakan pemahaman dari ....
A. seni murni
B. seni terapan
C. seni universal
D. seni Ansich
Jawab:
C. Benar, karena seni universal
merupakan refleksi kehidupan manusia yang dituangkan ke dalam berbagai ekspresi
2. Falsafah hidup selalu muncul dalam
pertunjukan seni rakyat seperti pada pertunjukan Wayang Kulit. Hal ini
menunjukan bahwa seni dapat berfungsi sebagai ....
A. tontonan
B. tutunan
C. ritual
D. hiburan
Jawab:
B. Benar, karena sebagai tutunan pelaku
seni dituntut untuk menyampaikan pesan moral yang akan dicapai
3. Happening Art merupakan salah satu
bentuk dari bentuk pemahaman bahwa seni memiliki fungsi sebagai media ....
A. terapi
B. aktualisasi diri
C. komersial
D. tontonan
Jawab:
B. Benar, karena Happening Art lebih
sebagai semboyan dari perwujudan ekspresi atau aktualisasi diri
4. Seni yang memanfaatkan media kulit
sapi atau kambing dapat dikategorikan sebagai seni ....
A. Kriya
B. rupa
C. terapan
D. tari
Jawab:
A. Benar, karena salah satu media atau
bahan yang digunakan adalah kulit
5. Interval nada pada suku kata ”ne” ke
suku kata ”sia” pada awal lagu ”Indonesia Raya” adalah interval ....
A. kuin
B. sext
C. septim
D. kuart
Jawab:
C. Benar, karena interval tersebut
adalah septim
6. Down beat pada kata ’In do ne sia’ di
awal lagu ”Indonesia Raya” jatuh pada suku kata ....
A. 'in'
B. 'do'
C. 'ne'
D. 'sia'
Jawab:
C. Benar, karena suku kata ‘ne’ adalah
down –beat
7. Lagu ”Merah Putih” ciptaan Ibu Sud
menggunakan tanda birama ....
A. 4/4
B. 3/4
C. 2/4
D. 6/8
Jawab:
A. Benar, karena lagu tersbut memiliki
birama 4/4
8. Nada dasar lagu ”Indonesia Raya”
adalah G Mayor. Trinada pertama yang dimainkan adalah trinada ....
A. C Mayor
B. G Mayor
C. D Mayor
D. F Mayor
Jawab:
B. Benar, karena nada dasarnya G Mayor
dan akor pertama adalah G Mayor
9. Not pertama pada lagu ”Bunga
Tanjungku” ciptaan Ibu Sud bernilai ....
A. setengah
B. seperenambelas
C. seperdelapan
D. seperempat
Jawab:
D. Benar, karena not pertama lagu
tersebut bernilai seperempat
10. Ketika seorang penari menggerakan
kipas pada tari Kipas, maka pada saat itu penari tersebut menggunakan unsur
....
A. waktu dan tenaga
B. ruang, waktu, gerak
C. ruang dan gerak
D. gerak, ruang, tenaga, dan waktu
Jawab:
D. Benar, karena unsur tari gerak,
ruang, waktu. dan tenaga
11. Unsur musik yang ada pada tari
”Saman” dari Aceh, oleh para penari digunakan ....
A. musik daerah
B. musik acapella
C. musik external
D. musik internal
Jawab:
D. Benar, karena musik internal adalah
musik yang diciptakan oleh si penarinya sendiri (biasanya tidak terdengar)
untuk mengiringi tariannya
12. Tarian yang termasuk dalam kelompok
koreografi primitif adalah tari ....
A. Bedaya dari Yogyakarta
B. Minak Jinggo dari Jawa
C. Tor Tor dari Tapanuli
D. Yapong dari Betawi
Jawab:
C. Benar, karena Tor tor ditarikan untuk
keperluan upacara dan telah tua usianya
13. Garis yang menciptakan bentuk dan
lingkup suatu bidang disebut ....
A. kontur
B. ruang
C. gelap terang
D. arsir
Jawab:
A. Benar, karena kontur diciptakan dari
garis yang membentuk sebuah bentuk dan lingkup
14. Meletakan objek dengan posisi
tertentu pada gambar sehingga memberi kesan ada ”gerak”, adalah usaha perupa
untuk memberi ....
A. keseimbangan
B. kesatuan
C. irama
D. proporsi
Jawab:
C. Benar, karena irama adalah susunan
atau perulangan dari unsur-unsur rupa yang diatur, berupa susunan garis, bentuk
maupun susunan warna
15. Seorang anak yang sudah mampu
memecahkan masalah-masalah abstrak secara logis, adalah anak yang berada pada
tingkat kecerdasan intelektual tahap ....
A. operasi formal
B. operasi konkret
C. pra operasional
D. sensori motor
Jawab:
A. Benar, karena operasi formal
ditunjukan salah satunya dengan anak mampu memecahkan masalah-masalah abstrak
secara logis
16. Suara cambiata terjadi pada anak
laki-laki yang menginjak usia ....
A. 10-14 tahun
B. 10-12 tahun
C. 14-16 tahun
D. 8-10 tahun
Jawab:
B. Benar, karena direntang usia ini anak
laki-laki mengalami suara cambiata
17. Gerabah, merupakan salah satu produk
seni yang mendasarkan pada prinsip teknologi yang mengan¬dalkan bentuk karya
terapan, yaitu yang disebut dengan teknologi ….
A. rekayasa
B. kerajinan
C. pengelolaan
D. peniruan
Jawab:
B. Benar, karena kerajinan adalah
prinsip teknologi produksi berbentuk karya terapan
18. Jarum jam menggunakan energi yang
bersumber dari ....
A. kumparan gas
B. gerakan tangan
C. tuas
D. gerigi roda
Jawab:
A. Benar, karena energi jam bersumber
dari kumparan gas yang menghasilkan energy
19. Tahap ekshalasi pada pernafasan saat
kita bernyanyi adalah tahap ....
A. menghirup nafas
B. menghembuskan nafas
C. menahan nafas
D. diam
Jawab:
B. Benar, karena menghembuskan nafas
adalah ekshalasi
20. Aba-aba dalam mendireksi untuk jenis
pukulan 6 secara garis besar ....
A. mirip jenis aba-aba 2/4
B. mirip jenis aba-aba ¾
C. mirip jenis aba-aba 4/4
D. tidak ada yang mirip
Jawab:
B. Benar, karena aba-aba ¾ mirip dengan
aba-aba 6/8
21. Release merupakan bagian dari
aba-aba mendireksi yang terdapat pada ....
A. aba-aba permulaan
B. gerakan pendahuluan
C. aba-aba penutup
D. persiapan aba-aba
Jawab:
C. Benar, karena aba-aba penutup disebut
juga release
22. Nut adalah bagian pada gitar yang
terdapat pada ....
A. leher gitar
B. antara kepala dengan leher
C. antara leher dengan badan
D. bagian badan gitar
Jawab:
B. Benar, karena bagian antara kepala
dan leher gitar disebut nuts
23. Alat musik berbilah terbuat dari
kayu dengan tabung resonansi, dan berukuran lebih besar dari xylophone bernama
....
A. piano
B. marimba
C. glokenspiel
D. gender
Jawab:
B. Benar, karena marimba termasuk alat
musik berbilah kayu
24. Pernafasan yang digunakan ketika
meniup recorder adalah pernafasan ....
A. dada
B. diaphragma
C. perut
D. biasa
Jawab:
B. Benar, karena diapraghma adalah
satu-satunya teknik bernafasan yang dianjurkan dalam bermusik
25. Berikut ini adalah teknik
mengembang¬kan motif lagu menjadi tema lagu, kecuali ....
A. inversi
B. augmented
C. repetitif
D. interval
Jawab:
D. Benar, karena interval bukan sebuah
teknik tetapi jarak nada
26. Dalam membuat pola iringan lagu,
berikut adalah hal yang perlu diperhatikan, kecuali ....
A. pitch
B. tempo
C. melodi
D. harmoni
Jawab:
A. Benar, karena pitch bukan aspek yang
perlu diperhatikan dalam membuat pola iringan lagu
27. Mengembangkan imajinasi sebagai
elemen esensial dalam berkarya tari, merupakan proses yang terdapat pada tahap
....
A. eksplorasi
B. improvisasi
C. evaluasi
D. forming
Jawab:
B. Benar, karena improvisasi memberi
kesempatan lebih luas dalam melakukan imajinasi, pemilihan, dan penciptaan
dibandingkan dengan eksplorasi
28. Berikut ini beberapa sumber garapan
yang dapat dimanfaatkan bila seseorang hendak menciptakan sebuah karya tari,
kecuali ....
A. auditif
B. kinestetik
C. tertulis
D. gerak
Jawab:
D. Benar, karena gerak adalah salah satu
unsur tari
29. Gambar-gambar yang berfungsi
menjelaskan jalan cerita dapat ditemui pada ....
A. karikatur
B. kover
C. komik
D. kartun
Jawab:
C. Benar, karena komik adalah menggambar
ilustrasi yang berfungsi menjelaskan cerita, baik fiksi maupun realitas
30. Berikut adalah teknik mencetak,
kecuali teknik ....
A. Cetak tinggi
B. sablon
C. klise
D. vinyet
Jawab:
D. Benar, karena vinyet adalah gambar
pengisi ruang kosong di antara tulisan satu dengan yang lain
31. Menciptakan sebuah karya rupa dengan
mengggunakan uliran panjang termasuk teknik ....
A. lempengan
B. global
C. pilin
D. ukir
Jawab:
C. Benar, karena pilin adalah didahului
dengan membuat uliran panjang menyerupai benang atau kawat
32. Lagu anak-anak yang bertema
Ketuhanan adalah ....
A. Twinkle-Twinkle Little Star
B. Uncle John
C. ABC
D. Do Re Mi
Jawab:
A. Benar, karena lagu tersebut bercerita
tentang ciptaan Tuhan
33. Sebagai langkah awal memperkenalkan
kepada anak apresiasi tari, adalah dengan memperkenalkan ....
A. gerak Wantah
B. gerak Maknawi
C. stilasi
D. improvisasi
Jawab:
A. Benar, karena gerak wantah adalah
gerak murni apa adanya, sehingga anak tidak mengalami kesulitan
34. Seni rupa memiliki beberapa fungsi
berikut ini, kecuali ....
A. seni sebagai bahasa visual
B. seni sebagai media bermain
C. seni sebagai tujuan belajar
D. seni sebagai media belajar
Jawab:
C. Benar, karena sebagai tujuan belajar
adalah bagian dari fungsi, bukan menjadi fungsinya itu sendiri
35. Objek yang selalu digambarkan di
atas garis, merupakan ciri gambar anak yang menggunakan komposisi ....
A. rabatement
B. juntax position
C. folding over
D. transparent
Jawab:
C. Benar, karena folding over adalah
komposisi tipe gambar anak yang meletakan objek gambar berdiri di atas garis
dasar. Pada tipe ini tergambar bahwa anak mengalami kebingungan dalam
menentukan bentuk prespektif
36. Gambar anak yang lebih
mengembang¬kan perasaan daripada pikiran adalah gambar tipe ....
A. Haptic type
B. Non haptic type
C. Willing type
D. X-ray type
Jawab:
A. Benar, karena tipe haptic adalah
jenis karya gambar anak yang lebih cenderung mengungkapkan rasa daripada
pikiran
37. Gambar anak yang bersisi penuh
dengan objek yang membuat orang yang melihatnya perlu menyusun urutan
objek-objek tersebut, termasuk lukisan ....
A. potret
B. komik
C. dekoratif
D. heroisme
Jawab:
B. Benar, karena lukisan komik adalah
lukisan anak yang memanfaatkan cerita lebih dahulu
38. Usia 4 – 7 tahun, anak biasanya
menggambar dengan ciri gambaran masa ....
A. realisme semi
B. realisme awal
C. bagan
D. pra bagan
Jawab:
D. Benar, karena masa prabagan pada
umumnya berada pada rentang usia 4 - 7 tahun. Gambar anak pada masa ini mulai
berkembang dari figur manusia kepala - kaki menjadi manusia - tulang, atau manusia
- batang
39. Keseimbangan antara emosi (perasaan)
dengan pikiran (intellectual) yang di¬ke¬mas dalam model pengalaman kreatif
dibutuhklan oleh anak ketika mereka berkembang. Ini adalah pendapat dari .…
A. Ki Hajar Dewantara
B. Wadjid Anwar
C. Leo Toltstoy
D. Lowenfeld
Jawab:
D. Benar, karena Lowenfeld berpendapat:
perkembangan anak membutuhkan keseimbangan antara emosi (perasaan) dengan
pikiran (intellectual) yang dikemas dalam model pengalaman kreatif
40. Salah satu indikator anak mampu
mensistematikakan sesuai dengan rancangannya ber¬dasarkan rangsangan yang
diterimanya, adalah bahwa anak tersebut ....
A. menyukai seni
B. menikmati seni
C. berbakat seni
D. menghargai seni
Jawab:
C. Benar, karena indikasi anak berbakat
seni adalah bila seorang anak dengan cepat dan tepat menginterpretasi alam
kemudian diekspresikan lewat nada dan irama, atau irama dengan geraknya serta
bentuk-bentuk visual yang diharapkan menjadi simbol ide penciptanya
41. Model pembelajaran seni yang
didominan dengan aktivitas penciptaan atau produksi karya seni, seperti bermain
musik secara berkelompok mengiringi sebuah tarian ciptaan siswa-siswa sendiri
atau membuat mural di lingkungan sekolah sebagai projek kelas 5 adalah bentuk
model pembelajaran seni yang disebut dengan model ....
A. lima
B. empat
C. enam
D. tujuh
Jawab:
C. Benar, karena proses apresiasi pada
diri seseorang dilalui dalam enam tahap
42. Karakteristik pembelajaran terpadu
yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai
dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan ….
A. kreatif
B. integratif
C. bermain
D. teamwork
Jawab:
A. Benar, karena model dalam
pembelajaran yang melibatkan penciptaan karya seni adalah model pembelajaran
yang membutuhkan kreativitas siswa disamping penguasaan pengetahuan dan
keterampilan. Disini model tersebut disebut dengan model kreatif
43. Karakteristik pembelajaran terpadu
yang paling menonjol adalah memadukan materi beberapa mata pelajaran (sesuai
dengan topik dan tema yang ada dalam kurikulum) berdasarkan .…
A. sifat dan fungsi materi
B. ruang lingkup materi
C. metode yang digunakan
D. meida yang dipilih
Jawab:
A. Benar, karena berdasarkan sifat dan
fungsi materi pelajaranlah pembelajaran seni terpadu memadukan materi beberapa
mata pelajaran berdasarkan topik dan tema yang ada pada kurikulum
44. Yang dimaksud dengan single subject
matter adalah materi pelajaran dikemas atau diberikan dalam bentuk ….
A. penampilan utuh yang tidak dimuat
dalam beberapa penggalan pengetahuan
B. secara terpisah-pisah dengan disiplin
ilmu yang sama
C. secara terpisah-pisah dengan disiplin
ilmu yang tersendiri
D. penampilan utuh yang memuat beberapa
penggalan pengetahuan
Jawab:
C. Benar, karena bentuk tersebut
bercirikan materi pelajaran dikemas secara terpisah dengan disiplin ilmu
tersendiri
45. Pemberian materi dari beberapa mata
pelajaran tanpa melihat ketrkaitan konsep antara satu mata pelajaran dengan
pelajaran yang lain adalah pengembangan materi pelajaran dalam model
pembeljaran terpadu yang bersifat ....
A. horizontal
B. Vertikal
C. single subject
D. integrated subject
Jawab:
B. Benar, karena sifat dari pengembangan
materi pada pembelajaran terpadu adalah guru tidak melebur materi dari beberapa
mata pelajaran menjadi satu
46. Keterampilan menata meja makan pada
mata pelajaran KTK agar tampak serasi, indah, dan nyaman akan memerlukan
keterampilan (teknik) mengkomposisi ruang di atas meja makan dengan
objek-objeknya (sendok, garpu, gelas, piring, serbet, dsb.nya) yang pengetahuan
tersebu berasal dari seni rupa, merupakan salah satu contoh dari pembelajaran
terpadu model ....
A. connected
B. Immersed
C. Shared
D. integrated
Jawab:
C. Benar, karena model shared walaupun
keterkaitannya belum menyeluruh, namun konsep sudah tampak dipadukan
47. Pembelajaran seni yang bertujuan
agar siswa mempunyai pengalaman estetika dalam mengolah media dalam mencipta
atau memproduksi karya seni, seperti bernyanyi, melukis, atau menari akan
diperoleh melalui ….
A. aktivitas praktek
B. pilihan media
C. kualitas nilai
D. jenis pengalaman
Jawab:
B. Benar, karena melalui salah satu
komponen seni yakni media anak akan memperoleh pengalaman estetika. Hal ini
yang ditanyakan pada stem pertanyaan ini
48. Dalam sebuah pelajaran musik, siswa
terlibat dalam aktivitas menciptakan sebuah iringan musik ritmik untuk sebuah
tarian. Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang
menggunakan pendekatan ....
A. Definitif
B. Partisipatif
C. Eksploratif
D. dekoratif
Jawab:
B. Benar, karena pendekatan partisipatif
adalah model pembelajaran seni dimana siswa harus aktif berkarya/berproduksi
seni
49. Bentuk pembelajaran seni terpadu
yang disajikan kepada siswa berdasarkan kesamaan minat dan potensi mereka,
adalah bentuk pembelajaran seni terpadu yang memadukan ….
A. pembelajaran
B. kurikulum
C. kelas
D. konsep
Jawab:
C. Benar, karena kelas terpadu dibentuk
untuk mengakomodasi atau memberi kesempatan kepada siswa-siswa yang berbakat
untuk lebih cepat berkembang (acceleration). Hal ini dimungkinkan karena kelas
terpadu disusun berdasarkan minat dan potensi siswa dalam kelompok atau kelas
tersebut
50. Ketika guru dapat menyatukan
beberapa gagasan atau ide yang terdapat dalam seni rupa, musik, dan tari
sekaligus, guru tersebut bermaksud menyelenggarakan model pembelajaran seni
terpadu berdasarkan ....
A. keterpaduan konsep
B. keterpaduan mata pelajaran
C. keterpaduan kelas
D. keterpaduan tujuan
Jawab:
A. Benar, karena keterpaduan konsep
adalah pembelajaran terpadu yang menyatukan beberapa konsep yang teradapat pada
beberapa mata pelajaran
Komentar
Posting Komentar